RAKYAT.NEWS, DEPOK – Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Heri Budiman mengungkapkan bahwa saat ini jajaran pusat sedang berusaha untuk melakukan verifikasi menjadi konstituen Dewan Pers.

Hal ini disampaikan dirinya pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) SWI kota Depok dengan tema “Membangun Dedakasi Untuk Indonesia lebih Baik dan Maju” yang digelar di Cilodong, Kamis (2/2/2024).

“Pada tanggal 17 Oktober 2023 kita (SWI) sudah mendaftarkan untuk menjadi konsituen dewan pers, dan saat ini juga kita sedang upayakan untuk verifikasi faktual dan akan dilakukan 10 Provinsi, Sehingga kedudukan SWI akan sejajar dengan PWI, AJI, IJTI dan Pewarta Foto Indonesia,” ucap Heri.

Heri menyampaikan harapan, bahwa dengan adanya kegiatan insan pers seperti ini dapat bersilaturahmi dengan para jajaran pemda dan OPD terkait dalam memberikan informasi-informasi seputar pemberitaan dengan bijak.

“Jadi jurnalis itu harus dengan benar, bukan hanya baik tetapi harus juga menjadi jurnalis yang benar dalam menyampaikan pemberitaan tidak menyampaikan hoaks, kami berharap dari rekan-rekan SWI selalu memberikan pemberitaan yang benar sehingga dapat dipahami oleh masyarakat khususnya kota depok agar tidak menjadi berita hoaks,” ucapnya.

Selain itu, Tony Yusep selaku ketua panitia penyelenggara HPN 2024 untuk SWI Kota Depok mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan puncak yang digelar SWI Kota Depok.

“Sebelumnya kita dari SWI juga sudah menggelar acara seperti senam bersama ibu-ibu di daerah dekat terminal Jati Jajar Kota Depok dan hari ini puncak rangkaiannya,” ucapnya.

Selain itu pada acara hari ini, Dikatakan Tony, akan menggelar penanaman bibit sebanyak 700 bibit pohon bersama Kementrian Pertanian.

“Kita juga nanti bersama Kementrian Pertanian yang diwakili oleh mas Rizky Hermawan akan menanam bibit pohon seperti bibit pohon ketapang, duren, kelengkeng dan masih banyak lagi,” pungkasnya.