RAKYAT.NEWS, BEKASI – Kodim 0509 menggelar pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 119, bertempat di halaman Kantor Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (20/2/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan atas nama Pemerintahan Kabupaten Bekasi, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen atas dibangunnya TMMD ke-119, di Desa Karangmukti.

Pada TMMD ke-119, dituangkan dalam bentuk kegiatan fisik, yang paling banyak adalah pembangunan jalan lingkungan. Pembangunan jalan ini sangat penting bagi masyarakat untuk kelancaran mobilitasnya.

“Selain jaling, ada pula pembangunan posyandu dimana dibangun tanahnya milik warga tapi di hibahkan untuk di bangun sebagai lahan untuk pemerintahan desa sekitar 200 meter persegi,” ujarnya.

Sementara itu, pria yang menjabat Kepala Pelaksana BPBD Jabar ini mengatakan, pembangunan posyandu dilakukan oleh TMMD, karena belum ada posyandu di desa atau dusun tersebut. Selain itu, ada pembangunan TPT untuk Embung batu beureum sebagai sarana saluran air.

“Selanjutnya juga ada pembangunan rutilahu, termasuk MCK yang dibantu kontribusi oleh bank Bjb yang dikerjakan oleh prajurit,” ungkapnya.

Dani Ramdan berharap pembangunan melalui TMMD dalam 30 hari kalender ini dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat melalui peran aktif TNI dan Pemerintahan Kabupaten Bekasi.

“Tujuan utama dari TMMD ini selain untuk memajukan pembangunan daerah, juga memelihara jiwa gotong royong di kalangan masyarakat,” harapnya.

Dandim 0509 Kabupaten Bekasi, Letkol Inf Danang Waluyo mengatakan, kegiatan TMMD ke-115 ini akan berlangsung selama 1 Bulan berupa kegiatan fisik dan non fisik.

”Saat ini Kita terjunkan 150 personil untuk kegiatan fisik, dan di gabung dengan non fisik jadi 200 orang. kita pilih di karangmukti ini sebagai lokasi TMMD, agar masyarakat bisa semakin dekat dengan TNI,” ucapnya.

Usai acara pembukaan TMMD, Pj Bupati Bekasi bersama Dandim, Kapolres Metro Bekasi meninjau lokasi kegiatan pembangunan TMMD.

Diketahui, dalam acara tersebut turut dihadiri Bupati Kabupaten Bekasi, Dandim 0509, Kapolres Metro Bekasi, sejumlah Kepala dinas, Camat KarangBahagia, Danramil Cikarang, Kapolsek Cikarang, para Kepala Desa, Organisasi Kemasyarakatan dan unsur lainnya.