RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Calon wakil presiden Mahfud Md mengatakan semua orang tidak boleh membiarkan anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang minus adab. Ia menilai kalau fenomena itu terjadi, ibu sudah melakukan dosa besar kepada bangsa.

“Membiarkan emak-emak dan ibu-ibu untuk melahirkan anak-anak yang tidak berahlak itu adalah satu dosa besar kepada bangsa ini. Bangsa ini akan hancur mana kala generasi mendatang itu tidak punya etika dan tidak punya akhlak,” kata Mahfud di program “Tabrak, Prof!” di Lampung, pada Kamis malam, 25 Januari 2024, seperti dikutip dalam keterangan tertulis.

Pernyataan Mahfud tersebut merepons pertanyaan dari moderator tentang kekhawatiran ibu-ibu akan lahir generasi minus adab.

“Sekarang ini, Prof, banyak emak-emak, mamak-mamak khawatir tentang lahirnya generasi yang minus akan adab, etika dan generasi yang tidak tahu sopan santun,” ujar salah satu moderator tersebut.

Menurut Mahfud ketidakpunyaan etika dan akhlak memiliki makna tersendiri. Sebab, kata Mahfud, fenomena itu sebenarnya selalu dan bersamaan dengan sifat-sifat koruptif.

“Siapa pun orang yang tidak punya etika, ahlak dan moral pasti di belakangnya ada tindakan-tindakan korupsi yang dilakukan dalam berbagai bentuknya,” ujar Mahfud.

Wakil Ketua Gerakan Muda Nasional Cinta Tanah Air (GANACITA) Riko Hari Perkoso menganggap ucapan Mahfud MD soal ibu lahirkan anak tak beradab adalah dosa besar bagi bangsa dikarenakan adanya ketersinggungan dengan gaya Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di acara debat kemarin.

“Yah hal yang wajar jika beliau (Mahfud MD) mungkin tersinggung dengan gaya dari gibran saat debat kemarin,” ucap Riko, Sabtu (27/1/2024).

Namun dengan ucapan Mahfud MD seperti itu, Riko merasa akan berpengaruh pada elektabilitas Ganjar Pranowo.

Oleh karena itu, hal-hal yang menyingggung seperti itu sangat disayangkan keluar dari ucapan Mahfud MD.

“Yah sangat disayangkan saja hal-hal seperti itu keluar dari ucapan beliau (Mahfud MD), apalagi kita lihat berdasarkan survei elektabilitas saat ini pasangan Ganjar dan Mahfud diurutan ketiga dibawah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, ditambah dengan lontaran kata-kata Mahfud MD seperti itu kemungkinan simpati masyarakat menjadi empati untuk pasangan ini,” pungkas Riko