RAKYAT.NEWS, DEPOK – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Depok Lewi Octaviano menduga adanya penggelembungan suara di Kecamatan Sawangan oleh salah satu partai politik.

Dirinya menyampaikan bahwa ada indikasi salah satu partai yang melakukan pengelembungan suara tersebut.

“Yang kami dapat, dan pernah kami sampaikan juga, ada indikasi pengelembungan suara di Kecamatan Sawangan oleh salah satu partai. Kita lihat pengelembungan di salah satu partai ini kok angkanya signifikan,” ucap Lewi kepada Rakyat.news, Rabu (6/3/2024).

Namun, Lewi masih meyakini independensi dari penyelenggara pemilu juga tetap terjaga dengan baik.

“Belum ke arah kemana-mana, tapi kami yakin juga mudah-mudahan independensi dari penyelenggara pemilu juga tetap terjaga, sehingga persepsi kami mungkin ada unsur penyelenggara di situ main apa tidak bisa dibuktikan (4:58) dengan adanya verifikasi maupun validasi ke 2 kecamatan khususnya di Kecamatan Sawangan,” kata Lewi.

Untuk Partai Demokrat, Dikatakan Lewi, hanya baru mendapatkan informasi saja di 2 Kecamatan, khususnya pada Kecamatan Sawangan.

Tetapi belum secara detail seperti sahabat kita dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sampai begitu detailnya beberapa TPS yang ditemukan ada pengelembungan suara, jadi Demokrat sendiri belum sampai ke sana cuma Demokrat mendapat informasi adanya indikasi tadi,” imbuhnya.

Salah satunya pada Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan. Lewi mengatakan bahwa ada beberapa TPS yang diduga melakukan penggelembungan suara.

Nah kemarin yang pernah saya sampaikan ada 20-30 TPS yang baru kelihatan khusus di Kelurahan kedaung, Kecamatan Sawangan, itu sudah ada tuh angka-angka yang naik di salah satu partai suaranya cukup signifikan naik,” kata Lewi.

Berdasarkan Informasi yang didapatkan oleh Rakyat.news, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara tingkat Kota di KPUD Kota Depok kembali diskorsing hingga hari Kamis (7/3/2024).

Menyikapi hal tersebut, Lewi mengatakan bahwa Partai Demokat tetap mengikuti aturan skorsing tersebut dan dilanjutkan hari Kamis (7/3).