RAKYAT NEWS, BEKASI – Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Evi Mafrianiagsianti merespon positif perihal program Generasi Remaja (Genre) di Kota Bekasi. Dengan, mengedukasi bahaya seks bebas di kalangan remaja.

Berdasarkan riset, Angka perceraian di Kota Bekasi sepanjang 2023 masih tinggi. Pengadilan Agama (PA) Kelas 1A Bekasi mencatat sebanyak 4.093 pengajuan perkara cerai dalam setahun kemarin.

Dari ribuan perkara tersebut, pengajuan cerai didominasi oleh pihak istri. Tak kurang dari 3.033 istri mengajukan cerai gugat karena perselisihan dan kondisi ekonomi.

“Tidak ada salahnya, berikan pemahaman kepada mereka tentang organ reproduksi ya. Kalau usia muda, menikah ideal umur berapa. Yang belum boleh takut merusak organ dalam fisik,” imbuh Evi kepada Rakyat News, Kamis (1/8/2024).

Dengan ada program Genre ini, Evi menyakini hal tersebut dapat lebih menyentuh dan teredukasi bagi kaum remaja.

“Soalnya saya mendengar umur 10 tahun saja, hampir 84% gaya pacaran mereka sudah saling menyentuh hal sensitf,” ungkap dia.

Bukan itu saja, Evi juga menilai pendidikan agama kepada anak remaja sangat diperlukan agar dapat diemplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain di sekokah, di rumah juga orang tua harus kasih pemahaman agama. Apapun itu filternya harus dari rumah,” tandas Evi.

Terakhir, ia menyarankan anak- anak remaja di Kota Bekasi harus memikirkan dirinya dapat berguna menjadi harapan masa depan bangsa.

“Remaja yang punya prestasi, dididik dengan baik dari rumah hingga ke sekolah. Terpenting penddikan karakter dan agama,” tutupnya.

Sebelumnya, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Bekasi merancang sejumlah strategi untuk mencanangkan Program Generasi Berencana (GenRe).

GenRe merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) bagi para remaja agar memiliki perencanaan berkeluarga yang matang sehingga dapat mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, dan harmonis.

Salah satu yang digalakkan oleh Disdalduk KB Bekasi, yakni memilih Duta GenRe sebagai representatif remaja untuk sosialisasikan TRIAD KRR (Tiga Masalah Pokok Kesehatan Reproduksi Remaja).

Adv/Humas DPRD Kota Bekasi